Cara Backwash Filter Air Kolam Renang Dengan Benar Dan Tepat

0

Cara backwash filter air kolam renang dengan benar dan tepat untuk menghasilkan air kolam renang yang jernih, bersih dan tidak mudah keruh. Backwash ini dengan tujuan untuk membersihkan filter air kolam renang yang sudah lama digunakan. Jadi Anda harus melakukannya dengan tepat agar hasilnya pun maksimal. Nah untuk melihat panduan bagaimana backwash filter air kolam renang dengan benar, Anda bisa lihat informasinya tersebut disini.

Sebelum mengetahui cara backwash filter aIr kolam renang, perlu Anda ketahui bahwa tujuan backwashing. Tujuan dilakukannya proses backwash adalah untuk membersihkan media filter kolam renang dengan tipe pasir ataupun DE. Prinsipnya adalah memutar atau membalikkan kondisi. Hal ini karena pasir atau DE inimem filter kotoran dan meneruskan air, maka kotoran akan terperangkap dan bercampur dengan pasir atau DE terutama di permukaanya.

Lebih tepatnya, backwashing adalah memutar agar permukaan tersebu berada di bawah sehingga akan terdorong oleh tekanan air dan kotoran pun akan keluar. Kotoran tersebut akan keluar melalui pipa pembuangan atau waste.

Namun perlu Anda ketahui, memutar bukan berarti membalikkan filter, karena semua tergantung dengan teknologi yang digunakan pada filter. Untuk saat ini, proses backwash tersebut hanya perlu memindahkan ruas ke arah backwash. Sehingga jalur pipa sedemikian rupa berubah kondisi sebaliknya dari kondisi semula. Berbeda lagi untuk tipe cartidge, backwash hanya digunakan untuk filter jenis sand dan DE.

Lamanya waktu yang digunakan untuk proses backwash tidak ada batasan. Karena proses backwashing dilakukan hingga air yang dikeluarkan pada pipa waste jernih dan bersih. Selain itu, lamanya waktu juga tergantung dengan air yang kelar melalui pipa transparan. Sehingga waktu tersebut tergantung dengan kondisi sand atau DE di kolam renang Anda. Namun secara umum, lamanya waktu yang digunakan dengan durasi antara 2-3 menit.

Ingat !!!!

Perhatikan untuk proses backwashing terutama untuk jenis filter DE. Karena DE powder yang dikeluarkan dapat merusak tanaman. Jadi pastikan jalur pembuangan tidak mengarah ke tanaman.

proses backwashing filter kolam

Lalu bagaimana langkah-langkah yang dilakukan untuk proses backwashing ini?

Langkah-langkah yang dilakukan untuk proses backwashing adalah sebagai berikut :

  1. Matikan pompa kolam renang, periksalah jalur pembuangan atau waste. Pastikan Anda membuka tuas ini dan menutup jalur ke arah outlet.
  2. Putar tuas atau handel ke arah backwash, atau geser katup Push/Pull (tarik atau dorong). Lakukan sesuai dengan instalasi yang tersedia. Karena akan berbeda-beda caranya.
  3. Nyalakan pompa. Air seharusnya mengalir keluar melalui waste atau pipa backwash.
  4. Biarkan proses berjalan hingga air terlihat bersih, normalnya berkisar 2-3 menit atau sesuaikan dengan kondisi air.
  5. Matikan pompa, dan kembalikan kondisi filter ke arah switch filter.
  6. Buka Jalur ke arah outlet, dan tutup ke arah waste.
  7. Perhatikan tekanan pada tangki saringan , dan pastikan air keluar deras seperti normal pada bagian outlet.

Anda bisa lakukan proses backwash ini jika indikator tekanan pada filter naik hingga 8-10 lbs diatas tekanan bersih. Atau saat proses start-up (awal), ataupun jika deras aliran air berkurang secara signifikan. Saat itulah Anda harus lakukan proses backwashing.

Mudah bukan?

Memang mudah, tapi jika dilakukan secara rutin apakah Anda memiliki waktu?

Nah terkhusus buat Anda yang memiliki kolam renang, Anda sibuk dan ingin kolam renang Anda tetap bersih. Serahkan saja pada ahlinya yaitu Kami Trijaya Pool. Kami siap berikan layanan maintenance kolam renang yaitu dengan membersihkan kolam renang secara rutin salah satunya dengan backwash filter air kolam.

Jadi tak perlu atur waktu untuk melakukan backwash filter kolam renang Anda, serahkan saja pada Kami. Hubungi Kami sekarang juga !

Share.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.