Merubah Kolam Sistem Skimmer Menjadi Overflow

0

Pemilik kolam renang biasanya seleranya berbeda-beda. Ada yang lebih menyukai kolam renang sistem overflow dan ada juga yang lebih suka dengan sistem kolam Skimmer. Namun Kami Trijaya Pool sebagai kontraktor kolam renang yang telah berpengalaman akan merekomendasikan agar kolam renang Anda yang saat ini masih menggunakan sistim skimmer dirubah menggunakan sistem overflow.

Mengapa kolam Anda mesti dirubah dan menggunakan sistim pengairan menggunakan sistem overflow? Berikut ini penjelasan Kami:

Merubah Kolam Sistem Skimmer Menjadi Overflow

1. Kolam renang system overflow
Kolam renang system overflow adalah kolam renang dengan system air kolam renangnya melimpah, baik itu pada salah satu sisi maupun keseluruhannya.

Air kolam yang berlimpah tersebut tumpah kedalam saluran yang berada di sisi luar kolam, atau yang biasa disebut Gutter Overflow. Tampilan gutter (saluran pembuangan air) agar tercipta efek cantik overflow pada kolam renang bisa lebih keren,Kami biasa membuatkan sekeliling kolam dengan penutup dari kayu,seperti pada contoh model kolam overflow dibawah ini:kolam overflow

Kolam renang yang menggunakan System Overflow diperlukan adanya Balancing Tank.

Jadi, air kolam yang melimpah masuk kedalam Balancing Tank melalui pipa dari Gutter Overflow, kemudian air dari Balancing Tank dihisap masuk ke Pompa lalu masuk kedalam Sand Filter dan air balik lagi masuk kedalam kolam melalui Inlet Fitting, begitu seterusnya.

Apabila turun hujan kolam renang dengan system overflowmaka air kolam dan Balancing Tank melimpah, sehingga diperlukan adanya pipa saluran pelimpahan yang menuju saluran pembuangan, posisi saluran pembuangan haruslah lebih rendah dari posisi pipa perluapan Balancing Tank.

Keuntungan kolam renang sistem overflow

Dengan sistem kolam renang overflow memiliki segi ekonomis  yang sangat efisien karena penggunaan dan pengelolaan air kolam renang dari kelebihan yang tak mungkin terbuang dan kekurangan air sangat mudah untuk menambahkanya lagi. Maka dari semua keuntungan tadi hampir semua kolam renang rumah dan komersial menggunakan sistem ini.

Kolam renang overflow juga bisa menjadikan kolam renang Anda akan lebih bersih karena kotoran-kotoran yang mengambang di permukaan kolam akan langsung terbuang keluar kolam dan sampah/kotoran yang ada di kolam tidak membuat permukaan kolam terlihat jorok karena ada sampah yang terlihat di permukaan air kolam.

2. Kolam renang dengan system Skimmer

Kolam renang dengan System Skimmer adalah kolam renang yang airnya tidak melimpah.

Kolam renang dengan system skimmer dinding kolamnya harus di desain lebih tinggi dari elevasi air.

Pada kolam renang System Skimmer tidak diperlukan Balancing Tank namun memakai Box Skimmer.

Box Skimmer berfungsi agar kotoran-kotoran yang mengambang di air masuk kedalam keranjang yang terdapat pada Box Skimmer sehingga air yang terhisap ke pompa tidak terdapat kotoran, dan bisa juga sebagai tempat menaruh Kaporit Tablet.

Kekurangan kolam renang sistim skimmer

Kekurangan sistem kolam renang skimmer biasanya box skimmer tidak bisa menghisap semua kotoran yang ada sehingga permukaan kolam renang bila ada sampah/kotoran akan terlihat di permukaan sehingga kolam renang sistem skimmer biasanya akan terlihat agak kotor.

Fungsi Box Skimmer adalah sebagai penyeimbang elevasi air kolam renang.

Box Skimmer juga berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan selang Vacuum pada saat pembersihan atau perawatan air kolam renang.

Nah setelah Anda mengetahui tentang perbedaan Kolam renang Sistem Skimmer dan kolam renang system Overflow dan Anda ingin merubah Kolam Sistem Skimmer Menjadi Overflow,silahkan hubungi Kami. Kami siap membantu Anda untuk memiliki sistim kolam renang yang sesuai harapan Anda.

Kami Trijaya Pool siap melakukan renovasi kolam renang Anda dari kolam renang model skimmer menjadi sistim overflow

Comments are closed.