7 Cara Ini Wajib Dipraktekkan Agar Kolam Renang Bebas Dari Lumut

Kolam renang banyak lumut bingung cara mengatasi agar kolam renang bebas dari lumut tersebut? Keberadaan lumut pada kolam renang memang cukup mengganggu saat kolam renang tersebut akan digunakan. Adanya lumut menandakan bahwa kolam renang tersebut tidaklah bersih. Sehingga bagi Anda pemilik kolam renang wajib melakukan pembersihan secara rutin untuk mendapatkan kolam renang bersih yang maksimal.

Merawat kolam renang memang cukup simpel, tapi apakah Anda tahu bahwa untuk membuat kolam renang terbebas dari lumut ini tidak semudah yang dibayangkan? Ngga Cuma melakukan pembersihan yang biasa-biasa saja loh, ternyata ada cara yang bisa dilakukan lainnya untuk membuat air kolam renang terbebas dari lumut.

Cara Membuat Kolam Renang Bebas Dari Lumut

Untuk memudahkan Anda yang sering mengeluh karena kolam renang lagi-lagi ada lumut dan sulit untuk dibersihkan, berikut adalah cara terbaik untuk membuat kolam renang bebas dari lumut. Cara ini sudah terbukti lohhh.. yuk simak !!

  1. Melakukan Perawatan Kolam Renang Secara Berkala

Merawat kolam renang perlu dilakukan secara rutin, rutin yang dimaksud adalah waktu seminggu sekali. Perawatan yang rutin tidak akan memberikan waktu lumut tersebut untuk berkembang biak. Lebih baik lagi untuk pembersihan yang lebih maksimal adalah dilakukan selama 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore.

  1. Menggunakan Filter Air Khusus

Kolam renang yang bersih tidak hanya dipengaruhi oleh perawatan yang rutin.Tapi juga penggunaan filter kolam renang yang tepat. Filter ini membantu dalam menyaring kotoran kolam renang agar tidak masuk ke dalam air kolam renang. Pilihlah filter kolam renang yang tepat. Semakin baik dan tinggi kapasitas kerja filter kolam makan makin baik kualitas air yang dihasilkan.

  1. Mengatur Kadar Chlorin

Penggunaan chemical kolam renang seperti chlorin dapat membuat kolam renang menjadi tidak berlumut. Ini karena kadar klorin dan PH kolam renang yang sesuai tidak akan dapat memunculkan lumut. Adapun PH yang dianjurkan untuk kolam renang yaitu berkisar antara 7,2-7,4. Sedangkan untuk chlorin dalam air hanya berkisar antara 1,0-3,0 bagian per juta (BPJ) dan asam sianurat hanya 40 BPJ saja.Bila air kolam renang tidak memenuhi standar tersebut, sebaiknya untuk segera menguras dan menggantinya.

  1. Lakukan Tanam Pohon Sekitar Kolam Renang

Filter kolam renang alami seperti penanaman pohon dapat digunakan untuk mengurangi pertumbuhan alga atau lumut. Cara terbaik untuk mengurangi pertumbuhan lumut yaitu, kurangi kadar sinar matahari dengan menanam pohon-pohon di sekitar kolam renang. Tanaman yang cukup rimbun di pinggir kolam renang dapat menghalangi sinar matahari secara langsung. Juga mengurangi pertumbuhan alga atau lumut.

  1. Pemasangan Lampu Ultra Violet

Saat ini perawatan kolam renang tanpa kaporit dapat dengan mudah dilakukan dengan cara menambahkan lampu-lampu ultraviolet. Lampu ultraviolet tersebut dapat digunakan untuk menjaga kondisi air kolam renang tetap bersih, membunuh kuman dan bakteri di dalam air. Selain itu, lampu ini juga dapat mengikat bibit-bibit lumut dalam air sehingga menggumapal jadi satu dan memudahkan dalam pembersihannya.

  1. Bersihkan Kerak-Kerak Pada Dinding Kolam

Saat proses pengurasan kolam renang, jangan lupa juga untuk menyikat bagian dasar dan samping kolam renang. Penghilangan kerak ini bisa dilakukan dengan penyikatan, atau jika membandel bisa gunakan karbol pembersih kamar mandi atau lantai.. setelah disikat Anda bisa isi ulang airnya lagi. Bila Anda rajin melakukannya, maka tidak akan ada kotoran yang menebal dan menimbulkan kerak pada kolam renang.

  1. Gunakan Alat Penyaring Manual

Daun yang gugur dari pohon disekitar kolam renang dapat menjadi pemicu tumbuhnya lumut. Untuk itu, jangan biarkan daun tersebut terlalu lama. Selain tidak sedap dipandang, juga akan membuat kolam renang terlihat kotor. Cara membersihkan daun-daun ini adalah dengan melakukan pembersihan secara manual.

Itulah yang bisa Anda lakukan agar kolam renang yang Anda miliki terbebas dari lumut. Mudah apa mudah? Buat Anda yang ngga memiliki banyak waktu untuk pembersihannya, bisa langsung menggunakan jasa Kami.

Artikel Terkait :

  1. Tips Merawat Kolam Renang Secara Rutin
  2. Tips Membuat Air Kolam Renang Tetap Jernih

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat