Cara Buat Kolam Renang Whirlpool Yang Perlu Anda Tahu

Pembuatan kolam renang whirlpool kini banyak dipilih bagi mereka yang menginginkan suasana berbeda. Jika pada umumnya kolam renang menggunakan air dingin untuk isi kolam renangnya, justru untuk air yang digunakan sebagai pengisi kolam renang ini adalah air hangat. Adapun manfaat air hangat itu sendiri sangat baik untuk kesehatan. Beberapa diantaranya adalah untuk merelaksasi otot yang kaku. Selain itu, air hangat juga bisa meningkatkan denyut jantung dan aliran darah juga menjadi lebih lancar.

Meskipun umumnya desain dari kolam renang whirlpool itu sendiri hanyalah berbentuk melingkar, akan tetapi ternyata peminatnya sudah cukup banyak. Bahkan di rumah-rumah juga sudah banyak yang memilih untuk membuat kolam renang whirlpool dibandingkan kolam renang pribadi. Banyak alasan yang mendasari mereka memilih kolam renang ini, salah satunya adalah dengan adanya kolam renang whirlpool maka rumah akan terlihat lebih modern.

Tapi Bagaimana Sih Cara Membuat Kolam Renang Whirlpool?

Bila dilihat dalam jarak jauh, mungkin Anda mengira kolam renang ini sama dengan kolam renang pada umumnya. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa kolam renang ini pastinya berbeda. Dalam pembuatannya, Anda perlu memastikan tempat pembuatan kolam renang yang sesuai, alat yang dibutuhkan juga dipastikan harus lengkap.

Nah untuk pembuatannya, berikut adalah hal yang perlu dipersiapkan dan langkah-langkah pembuatannya :

  • Persiapan Lantai Untuk Pembuatan Kolam Renang Whirlpool

Hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan kolam renang whirlpool adalah melakukan persiapan lantainya. Pastikan lantai yang digunakan untuk tempat pembuatan kolam renang ini adalah lantai yang datar. Dengan begitu, kolam renang yang dibuat memiliki permukaan yang rata. Serta pastinya akan membuatnya berfungsi dengan baik. Bila kondisi lantai tidak rata, maka sebaiknya Anda melakukan perataan terlebih dahulu.

Selain perlu menyiapkan lantai yang rata, Anda juga perlu memastikan bahwa konstruksi lantainya stabil. Hal ini perlu disadari bahwa bak yang digunakan untuk kolam renang ini memiliki beban yang berat meski belum terisi air sama sekali. Bebannya akan bertambah bila sudah terisi air. Belum lagi jika digunakan untuk berendam. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi konstruksi pada pembuatan kolam renang.

Biasanya yang digunakan adalah berat sampai 1.000 kg untuk setiap meter persegi. Dengan alasan ini, maka Anda perlu mempertimbangkan ulang mengenai konstruksi bangunan. Terlebih apabila Anda sendiri akan menempatkan kolam renang tersebut di lantai atas rumah.

  • Rangka Kolam Renang Whirlpool

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan selain lantai adalah memastikan rangkanya tetap kokoh. Dalam hal ini, Anda perlu melingkari kolam renang jacuzzi dengan frame yang berfungsi sebagai penahan beban. Frame tersebut dapat Anda kombinasikan dengan material yang kokoh. Dengan begitu, kolam renang jacuzzi tetap bisa digunakan secara aman dan nyaman.

  • Instalasi Kolam Renang Whirlpool

Bila lantai sudah rata, kemudian lingkup kolam renang sudah dibuat dengan kokoh selanjutnya Anda perlu perhatikan instalasi. Instalasi yang perlu diperhatikan diantaranya listrik, air, hingga drainase. Hal ini seperti yang diketahui, kolam renang whirlpool memang memerlukan instalasi air yang bersih lengkap dengan air pembuangan dan jalur listrik. Sebelum pemasangan, Anda harus pastikan semua instalasi tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah melakukan instalasi, Anda juga perlu membersihkan area.

Jika semua pemasangan sudah dilakukan, selanjutnya adalah melakukan pengujian.  Pastikan juga Anda menyegel rapat kolam renang ini, dengan begitu, kolam renang ini tidak akan bergerak sama sekali.

Nah itulah proses pembuatan kolam renang whirl pool. Bila Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya, Anda bisa gunakan jasa Kami.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat