Wajib Baca, Cara Penggunaan Test Kit Kolam Renang Yang Baik dan Benar

Bagaimana cara menggunakan test kit kolam renang yang benar? Mungkin Anda pernah memiliki pertanyaan demikian ketika Anda melakukan tes atau pembersihan pada kolam renang. Karena test kit menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk membuat air kolam renang tidak hanya bersih tapi juga sehat. Test kit ini dilakukan untuk mengetahui kandungan yang ada pada air kolam renang. Jika tidak dilakukan pengetesan secara rutin, tentu kolam renang akan berpengaruh kesehatannya.

Penggunaan Test Kit Yang Benar

Buat Anda yang masih bertanya hal demikian, Kami disini akan membahas hal tersebut untuk Anda. Kami akan memberikan informasi kepada Anda bagaimana menggunakan test kit yang benar. Namun sebelumnya Anda juga perlu tahu bahwa test kit ini tersedia dalam beragam merk, mulai dari hayward, pentair, dan lain-lain. Meskipun berbeda merk, akan tetapi cara penggunaannya pada dasarnya sama yaitu :

  • Untuk Pengecekan Chlorine Pada Air Kolam Renang

  1. Pastikan Anda berada dekat dengan kolam renang.
  2. Masukkan tabung kimia atau tabung reaksi bawaan testkit yang berwana bening ke dalam kolam renang dengan kedalaman 30cm sampai 40cm.
  3. Kemudian, Anda bisat teteskan 5 tetes Refill Oto Chlorine ke dalam tabung yang tertera CHL yang berwarna kuning
  4. Tutuplah dengan warna kuning pula.
  5. Lihat hasilnya, apabila CHL melebihi warna tabung itu artinya Chlorine sangat tinggi dan bisa Anda kurangi dengan HCL atau Tawas dengan takaran secukupnya.
  6. Sebaliknya apabila kandungan lebih rendah artinya Chlorine kurang dan perlu penambahan kaporite 60% atau granular 90% sesuai kebiasaan air saat kondisi sebelumnya

Baca : Aksesoris Kolam Renang Yang Penting

  • Untuk Pengecekan PH pada Air Kolam Renang

  1. Masukkan tabung kimia atau tabung reaksi bawaan testkit berwarna bening ke dalam kolam renang hingga kedalaman 30 sampai 40cm.
  2. Teteskan 5 tetes Refill Penol Red ke dalam tabung yang bertuliskan PH dan tutup warna merah.
  3. Lalu, kocoklah tabung tersebut sampai 5 kocokan dan coba perhatikan warna yang tertera di tabung Kaca tersebut.
  4. Perhatikan nilai ideal PH dan Chlorine dan samakan antara warna tabung kaca dan air yang sudah anda Kocok.
  5. Apabila PH melebihi warna tabung aslinya maka Anda perlu melakukan pengurangan PH dengan HCL atau dengan tawas sesuai takaran.
  6. Sebaliknya apabila nilainya rendah maka tambahkann obat odah ASH secukupnya pada air kolam renang

Baca juga : Pembuatan Kolam Renang Batu Alam

Kapan Dilakukan Pengecekan Testkit?

Testkit dilakukan pada saat kolam renang telah divaccum atau dibersihkan secara menyeluruh, tetapi sebelum dilakukan penambahan chemical pada kolam renang. Dengan pengecekan secara rutin, maka pastinya hasil akan lebih maksimal dan kesehatan air kolam renang lebih terjaga.

Bila Anda tak memiliki banyak waktu untuk melakukan pengecekan secara rutin karena terbatasnya waktu, sebaiknya Anda gunakan jasa perawatan kolam renang dari Kami. Kami akan mengecek secara rutin kondisi air kolam renang Anda. Dengan terkontrol secara berkala, maka kolam renang Anda dapat dipastikan lebih terjaga kebersihannya. Konsultasikan sekarang juga kepada Kami mengenai layanan perawatan kolam renang yang akan digunakan.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat