Kolam Renang Berwarna Hijau? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

Air kolam renang yang jernih adalah tanda bahwa air kolam renang tersebut sehat. Bagaimana dengan air kolam renang yang berwarna hijau? Bila Anda memiliki kolam renang dengan air yang berwarna hijau, maka sebaiknya Anda harus cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. Air kolam renang hijau menandakan bahwa air tersebut tidakla bersih. Tidak hanya bersih secara penglihatan, namun bersih juga secara keseluruhan. Ini menandakan bahwa air kolam renang tersebut perlu untuk segera dibersihkan.

Bila Anda memiliki kolam renang Anda bingung bagaimana membuat kolam renang tersebut agar dapat menjadi jernih, Anda tak perlu khawatir. Kali ini Kami akan membantu Anda untuk membuat kolam renang menjadi bersih kembali. Lebih tepatnya ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi air kolam renang hijau.

Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

Sebelum kita bahas mengenai cara mengatasi kolam renang berwarna hijau, ketahui dahulu penyebab hijaunya air kolam renang tersebut. Berikut adalah penyebabnya :

  1. Tingkat ph air yang tidak stabil
  2. Sistem filtrasi yang gagal
  3. Pemberian chemical yang tidak tepat sasaran
  4. Kebersihan daerah kolam renang
  5. Adanya mahluk hidup penyebab air kolam renang kotor

Cara Mengatasi Air Kolam Renang Berwarna Hijau

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah cara mengatasi kolam renang dengan air yang berwarna hijau :

  • Melakukan Perawatan Kolam Renang Secara Rutin

Untuk dapat mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau, langkah pertama adalah melakukan perawatan secara rutin. Perawatan kolam renang ini dilakukan dengan pembersihan kolam renang di seluruh bagian kolam renang. Kebersihan yang dirawat secara rutin tentu akan dapat mengurangi kotornya air kolam renang dan kolam renang yang berubah warna jadi hijau.

  • Melakukan Penanaman Pohon Di Sekitar Kolam Renang

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau adalah dengan menanam pohon di sekitar kolam renang. Analoginya, alga yang tumbuh pada kolam renang akan dapat bertumbuh dengan baik apabila terkena sinar matahari. Maka untuk mengurangi pertumbuhan haruslah dengan mengurangi sinar matahari. Menanam pohon besar dapat menjadi pilihan untuk menutupi masuknya sinar matahari dengan cepat. Tapi ingat, daun yang jatuh kedalam kolam juga dapat menjadi penyebab alga. Jadi pastikan Anda mengatasinya dengan benar.

  • Mengganti Sepertiga Air Kolam Renang Secara Berkala

Proses penggantian air kolam renang yang dilakukan secara berkala dapat dilakukan untuk mengurangi ekosistem dan pertumbuhan alga. Air yang diganti secara berkala juga akan menjaga kualitas dari air tersebut. Untuk itu, bila Anda merasa berat untuk mengganti secara keseluruhan air tersebut, Anda bisa menggantinya sepertiga saja cukup. Lakukan secara berkala seminggu sekali untuk peroleh hasil yang maksimal.

Baca juga : Cara Membuat Air Kolam Bebas Lumut

  • Menggunakan Filter Khusus Untuk Kolam Renang dan Merancangnya Dengan Benar

Sistem filtrasi kolam renang sangat berpengaruh terhadap kebersihan kolam renang. Bila sudah menggunakan filter yang tepat namun air kolam renang masih berwarna hijau, sebaiknya gunakanlah filter kolam renang khusus yang digunakan untuk menyaring kolam renang. Anda juga harus pastikan merancang sistem filter kolam renang dengan benar. Agar filter dapat menyaring denan baik, idealnya sistem filter kolam renang ini dapat menamping 30%-40% volume air kolam utama.

  • Pemberian Chemcial Kolam Renang Dengan Tepat

Chemical kolam renang dapat membantu membersihkan kolam renang dari bakteri, akan tetapi jika tak sesuai takarannya tentu tidakah baik. Jika terlalu sedikit atau terlalu banyak justru membuat kondisi kolam renang bertambah buruk. Untuk itu pahami bagaimana pemakaian chemical kolam renang dengan benar. Berikut adalah pemakaian chemical kolam renang yang benar :

  • Masukkan kaporit 60% kedalam saluran skimmer. Saat pemberian kaporit pastikan saluran skimmer dan maindrain dalam keadaan terbuka. Juga pastikan bahwa mesin dalam posisi yang nyala, dan posisi handle multi valve dalam posisi resirkulasi.
  • Kemudian masukkan trussi pada saat kaporit sudah tercampur. Lalu masukkan PAC, soda ash, dan tawas ke dalam kolam renang. Jarak waktu yang dibutuhkan umumnya adalah 10 menit.
  • Jika semua obat sudah tercampur, Anda bisa nyalakan mesin selama kurang lebih 2 jam. Bila sudah dalam keadaan mau mengendap, matikan mesin untuk selanjutnya tinggal proses vacuum.
  • Tambahkan granular 90% sesuai dengan takaran saat air sudah jernih kemudian nyalakan mesin selama 8 jam. Jangan lupa untuk mengecek kadar pH dan chlorine dalam air. Jika pH 7,2 – 7,6 ppm berarti air sudah ideal.

Itulah yang perlu dilakukan untuk mengatasi air kolam renang yang hijau agar kembali jernih. Semoga bermanfaat

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat