Musim Hujan ! Begini Cara Perawatan Kolam Renang Agar Tetap Bersih

Kolam renang yang berada di outdoor resikonya adalah selalu kotor. Apalagi saat musim hujan, air hujan dapat membuat air kolam renang menjadi kotor. Saat musim hujan tiba, tentunya sebagai pemilik kolam renang outdoor mau tidak mau harus tetap menjaga kolam tersebut tetap bersih. Bagaimana caranya? Kotor akibat air hujan memang lebih sulit untuk dibersihkan, sebab berbeda dengan kotoran lain yang mudah diangkat menggunakan alat. Air hujan yang kotor ini akan bercampur dengan air kolam renang. Sehingga perlu pembersihan yang lebih ekstra.

Buat Anda yang memiliki kolam renang outdoor, sebaiknya Anda ketahui cara terbaik untuk merawat kolam renang agar tetap bersih. Nah kali ini Kami akan berbagi informasi kepada Anda bagaimana membuat kolam renang bersih meskipun di musim penghujan.

Tips Membuat Kolam Renang Tetap Bersih Di Musim Penghujan

 

Agar lebih mudah dalam menjaga kebersihan kolam renang, berikut adalah cara terbaik untuk merawatnya :

  • Selalu Periksa Lumut Dan Bakteri

Lumut menjadi tanda bahwa kolam renang sedang dalam keadaan yang tidak bersih. Keberadaan lumut tidak hanya akan membuat kolam renang tidak sedap dipandang. Tapi juga bisa menyebabkan banyak penyakit. Untuk perawatan kolam renang yang lebih bagus dan terhindar dari lumut cara terbaiknya adalah dengan menjaga kadar PH Air agar tidak terlalu tinggi. PH Air yang stabilakan menghambat dan menghindari pertumbuhan lumut.

  • Periksa Volume Air Kolam Renang

Saat musim penghujan, volume air kolam renang yang normal ditambah dengan air hujan pasti volumenya akan bertambah. Campuran air hujan ini otomatis akan membuat kolam renang menjadi keruh. Tak hanya itu, ternyata dibawah air kolam renang terdapat kotoran yang dapat menghendap. Akibatnya Anda harus membersihkan secara menyeluruh. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda periksa volume air saat musim hujan. Kalau bisa kurangi volume air yang ada.

  • Buang Kotoran Yang Ada

Kotoran yang diakibatkan dari hujan tidak hanya dalam bentuk air. Angin saat turunnya hujan juga membuat daun-daun kering bejatuhan. Alhasil kolam renang yang bersih akan menjadi kotor dan tercemar oleh sampah. Jika dibiarkan kotoran tersebut akan membusuk dan membuat kolam renang semakin kotor. Untuk itu, pastikan Anda selalu rajin untuk membersihkan sampah yang ada.

  • Rutin Bersihkan Kolam Renang

Perawatan kolam renang tidak hanya pada saat musim hujan, tapi juga harus dilakukan secara berkala atau rutin. Pembersihan ini dilakukan untuk menjaga kualitas air kolam renang. Pastikan Anda menentukan jadwal pembersihan kolam renang daripada menunggu kolam renang tersebut kotor baru dibersihan. Upaya pembersihan kolam renang secara rutin ini dapat mengurangi kotornya kolam renang. Cara yang bisa dilakukan untuk perawatan rutin adalah menguras kolam renang kemudian membersihkan bagian dinding dan lantai kolam renang.

Baca juga : Cara Merawat Kolam Renang Pribadi

  • Mengeringkan Kolam Setelah Musim Hujan

Setelah turunnya hujan, air yang ada pada kolam renang tersebut tentu penuh dengan adanya kotoran. Lakukan kuras dan ganti dengan air yang baru. Setelah air dikuras, diamkan dua sampai 3 hari apakah terdapat kerusakan pada dinding atau pantai lantai. Jika tidak ada, Anda bisa mengisinya dengan air yang baru.

5 cara tersebut adalah solusi terbaik untuk membuat kolam renang Anda saat musim hujan tetap dalam keadaan yang bersih. Jika dilakukan dengan baik, dan cara pembersihannya dilakukan dengan benar, maka kolam renang saat musim penghujan sekalipun tetap bersih. Semoga bermanfaat.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat