Cara Pemasangan Mozaik Kolam Renang

Pemasangan mozaik pada dinding dan lantai kolam renang saat ini banyak dipilih oleh pemilik kolam renang. Bukan tanpa alasan, mozaik yang dipasang pada kolam renang tentu saja menawarkan berbagai macam kelebihan untuk kolam renang. Sehingga banyak yang memilih untuk memasangnya. Akan tetapi, dalam penggunaan mozaik, ada hal yang perlu untuk diperhatikan yaitu mengenai pemasangan mozaik kolam renang.

Anda perlu tahu, pemasangan mozaik kolam renang tentu saja berbeda dengan keramik pada umumnya. Karena dalam pemasangan Anda harus menggunakan alat dan bahan khusus supaya hasilnya bagus. Tidak hanya itu, keahlian dalam memasang mozaik kolam renang juga diperlukan. Hal ini seperti yang diketahui memasang mozaik memang lebih sulit dibanding memasang keramik biasa, terlebih apabila Anda melakukan pemasangan tersebut pada bagian yang vertikal atau tegak lurus.

Hal lain yang juga perlu Anda tahu, dalam pemasangan mozaik pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati supaya permukaannya rata. Maka dari itulah dalam pemasangannya perlu dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Agar pemasangan mozaik tidak mudah lepas.

Apa Penyebab Mozaik Tersebut Mudah Lepas?

Ada beberapa faktor penyebab mozaik kolam renang terlepas yaitu :

  1. Pengenatan yang kurang rapat, jika kurang rapat maka air akan dengan mudah masuk ke celah nat dan mozaik yang menyebabkan mozaik terlepas.
  2. Penggunaan material yang salah juga dapat menjadi penyebab mozaik cepat terlepas.

Baca juga : Cara Instalasi Kolam Renang Yang Benar

Bagaimana Cara Pemasangan Mozaik Kolam Renang?

Nah untuk pemasangan mozaik kolam renang yang benar, berikut adalah caranya :

  1. Pertama, pastikan Anda telah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang dibutuhkan meliputi : kape, ember semen, kain lap, benang nilon dan sikat berbahan nilon. Sedangkan bahan yang dibutuhkan meliputi: mozaik, semen, semen aditif atau semen putih, sika, perekat dan air. Banyaknya bahan material yang dibutuhkan tergantung dari ukuran kolam renang.
  2. Kedua, Anda harus pastikan dinding dan lantai kolam tersebut memiliki permukaan yang rata. Dinding dan lantai harus diaci atau diplester rata dengan semen. Sebelum pemsangannya, lapisi terlebih dahulu permukaan dengan sika. Lapisan sika ini bertujuan sebagai pelapis antibocor. Lalu, tarik benang nilon untuk garis supaya pemasangan mozaik bisa lurus dan rapi.
  3. Ketiga, lapisi dinding dan lantai dengan campuran semen, air dan perekat. Buatlah lapisan dengan tebal kira-kira 2cm. Perekat ini bertujuan agar mozaik menempel kuat dan tidak mudah lepas. Kemudian, Anda bisa letakkan mozaik di atasnya selagi lapisan masih basah, tekan dengan perlahan supaya permukaan mozaik rata. Lalu diamkan sampai kering dan menempel sempurna kira-kira 6 jam.
  4. Langkah keempat, Anda bisa lakukan pengisian nat. Pengisian nat ini menggunakan semen aditif atau semen putih yang dicampur dengan air. Isi nat menggunakan campuran ini hingga penuh dan agak sedikit lengkung kedalam agar hasilnya lebih indah dan rapi. Kemudian apabila sudah 30 menit, Anda bisa lap bagian mozaik dengan lap setengah basah supaya bersih.
  5. Terakhir, lakukan pembersihan mozaik. Pembersihan mozaik dilakukan kira-kira setelah 2 jam nat kering. Pembersihan mozaik ini bisa dilakukan dengan cara menyikat mozaik dengan sikat berbahan nilon untuk menghilangkan kotoran pada mozaik. Apabila masih ada semen yang menempel, Anda bisa menggosok permukaan menggunakan kape. Jika sudah selesai, maka kolam renang siap untuk diisi air.

Bagaimana Perawatan Setelah Mozaik Kolam Renang Terpasang?

Bila pemasangan mozaik selesai untuk dilakukan, Anda perlu merawat mozaik agar tetap bersih dan tahan lama. Bersihkan mozaik pada dinding dan lantai kolam secara rutin dan berkala. Sebaiknya lakukan hal tersebut setiap 2 kali seminggu untuk menjaga mozaik selalu bersih. Anda bisa lakukan pembersihan mozaik bersamaan dengan vacuum. Bersihkan mozaik dinding kolam dengan pool brush yang telah terpasang pada telescopic handle. Sedangkan untuk lantai Anda bisa gunakan vacuum head yang terhubung pada telescopic handle dan vacuum hose.

Itulah cara pemasangan mozaik kolam renang yang benar. Ingat !!! Jangan coba-coba melakukannya sendiri apabila Anda tidak berpengalaman dan tidak pernah melakukannya. Percayakan saja pada Kami Trijaya pool yang sudah ahli di bidang ini untuk membantu Anda. Kami juga siap bantu untuk pembuatan kolam renang mozaik.

About Author

Kontraktor kolam renang profesional. jasa perawatan / maintenance, renovasi kolam renang, hubungi, Phone/WA: 0813-8033-2211

Comments are closed.

WhatsApp chat